Integrating Digital Tools in Lesson Plan Ala Pak Dadan

Begitulah tajuk dari online workshop yang diselenggaran oleh PSSDM bekerjasam dengan AISEI pada hari Sabtu 18 Juli 2020. Tema-tema workshop dengan tema digital memang banyak diminati oleh para guru di masa pandemi ini. Ketika keadaan memaksa para guru untuk mengajar dalam suasana new normal, workshop ini menjadi ajang para guru menghilangkan dahaga akan pengetahuan-pengetahuan dan pengalaman yang bisa diaplikasikan di kelas-kelas mereka.

Workshop yang berlangsung melalui aplikasi Zoom ini mengundang Pak Dadan, seorang guru di Bandung Independent school, penulis, dan pendiri Kelas Kreatif, sebagai pematerinya. Dengan sangat jelas, Pak Dadan memaparkan materi kepada para guru yang sangat antusias.

At the heart of effective technology integration practices, digital technologies offer learners greater opportunities to be more actively involved in the learning experience.- Vanessa Vega (Edutopia)

Kutipan di atas mengawali slides materi yang ditampilkan pemateri. Seorang guru diharapkan mampu mengintegrasikan tools-tools dan aplikasi-aplikasi digital dalam kelasnya dan juga memberikan pengalaman belajar pada siswa. Pada dasarnya kelas daring bukan hanya tentang memberikan tugas-tugas. Melainkan memberikan pengalaman belajar sehingga siswa mampu menyerap materi yang disampaikan dan mampu mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, pemilihan aplikasi atau tools yang akan digunakan harus dilakukan dengan cermat. Hal yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Kesiapan guru dalam menggunakan alat/aplikasi/tools tersebut. Jangan sampai guru masih gagap menggunakan tools yang dipilih supaya pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.
  2. Kesiapan siswa adalah hal berikutnya yang harus dipertimbangkan. Apakah siswa memiliki perangkat yang dibutuhkan? Apakah siswa memiliki koneksi internet? Apakah siswa mampu mengoperasikan digital tools tersebut?
  3. Simplicity atau kesederhanaan peralatan digital yang dipilih akan mempengaruhi efektifitas penggunaanya. Jangan sampai siswa menghadapi kesulitan dalam belajar karena peralatan digital.
  4. Peralatan digital yang digunakan harus menarik. Terlebih jika siswa yang diajar adalah siswa tingkat dasar. Diharapkan jika kelas daring yang diselenggarakan menarik, akan meningkatkan semangat dan motivasi siswa untuk belajar.

Yang menarik dari workshop ini adalah sangat interaktif dan aplikatif. Setiap peserta diberikan kesempatan mencoba digital tools  yang dijadikan contoh saat materi. Beberapa digital tools yang diperkenalkan adalah: Padlet, Mentimeter, edpuzzle, Teaming, classmarker, meinmaster, dan lain sebagainya.

Selain itu peserta juga dibagi kedalam kelompok diskusi kecil untuk mendiskusikan komponen utama dari sebuah lesson plan. Hal ini membuat peserta bersemangat karena dapat bertukar pendapat dengan peserta lain. etelah Diskusi selesai, Pak Dadan memberikan tips-tips keren bagaimana mengintegrasikan digital tools tersebut ke dalam lesson plan. Dengan demikian saat pembelajaran guru tidak repot memikirkan apa digital tools yang akan digunakan,  bagaimana digital tools tersebut akan digunakan, dan dibagian mana dari lesson plan tersebut digital tools akan digunakan.

Workshop Integrating Digital Tools in Lesson Plan seharusnya berakhir pada pukul 14.30. Tetapi antusiame peserta membuat Workshop ini molor hingga tiga puluh menit. Meskipun demikian, tidak sedikitpun menyurutkan antusiasme peserta. bahkan banyak peserta mengajukan Workshop susulan terkait dengan digital tools yang aka digunakan dalam kelas daring.

Good Job PSSDM dan juga Pak Dadan. Satu kata untuk workshop  hari ini, INSPIRING.

5 comments
13 likes
Prev post: Reading Digital Story: Membuat Aktivitas Pembelajaran Bermakna Selama Masa Karantina

Comments

  • Octo iskandar

    July 18, 2020 at 1:29 pm
    Reply

    Luar biasa

  • Komang Eli Mahayani

    July 18, 2020 at 10:19 am
    Reply

    Semangat menggunkaan tools digital

  • YARNITA

    July 18, 2020 at 9:16 am
    Reply

    Keren... sudah menjadi tulisan, Bu.

    • electrafemina@gmail.com
      to YARNITA

      July 18, 2020 at 11:00 pm
      Reply

      Terima kasih, teman-teman sudah berkenan membaca tulisan saya

  • YARNITA

    July 18, 2020 at 9:15 am
    Reply

    Keren... sudah menjadi tulisan...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *