Intip Yuk! Kota-Kota Ini Tak Berpenghuni, Loh. Berani?

 

Kota hantu yang identik dengan kota tak berpenghuni, banyak menarik perhatian masyarakat. Tidak jarang beberapa kota tak berpenghuni tersebut dijadikan sebagai obyek wisata seram untuk menguji adrenalin.

Berikut ini adalah tujuh kota tak berpenghuni yang tersebar di berbagai belahan dunia:

  1. Nova Cidade De Kilamba, Angola
images (3).jpg

Sumber gambar: https://www.atlasobscura.com/places/nova-cidade-de-kilamba

Nova Cidade De Kilamba adalah sebuah kota modern yang dibangun pemerintah Angola bekerja sama dengan China International Trust and Investment Corporation (CITIC).  Kota yang disebut-sebut sebagai permata Angola ini diperkirakan mampu menampung sekitar 500.000 orang.

Kota yang selalu sepi ini memiliki 750 unit apartemen berlantai delapan, puluhan sekolah, dan infrastruktur penunjang lainnya seperti lapangan sepak bola, lapangan parker, rumah sakit dan lain-lain. Sekilas, kota ini Nampak indah dan nyaman untuk ditinggali. Suasananya sangat bagus dan jauh dari kesan kumuh. Beberapa warga sekitar Nova Cidade De Kilamba ini mengatakan bahwa mereka suka sekali dengan kota ini. Sayang sekali karena perekonomian warga yang tidak mendukung, warga tidk mampu membeli apartemen di kawasan ini. Tidak mengherankan, sampai saat ini hanya beberapa unit apartemen yang terbeli. Tetapi, tidak mampu mengusir kesunyian dari kota ini.

  1. Pripyat, Ukraina
unnamed (1).jpg

Sumber gambar: https://oddviser.com/ukraine/chernobyl/pripyat

Kota yang memiliki nama seperti nama sungai di Ukraina ini, dahulu adalah sebuah kota yang sangat indah. Kota ini dibangun pada tahun 1970 sebagai tempat tinggal para pekerja Pembangkit Listrik Tenaga Listrik, Chernobyl.

Pada tanggal 26 April 1986, terjadi ledakan salah satu reaktor nuklir nomor empat di Pripyat. Peristiwa itu membuat dua orang meninggal seketika. Namun, tidak lama kemudian banyak penduduk tewas disebabkan oleh radiasi.

Warga yang selamat meninggalkan kota ini untuk mencari tempat yang lebih aman. Sampai sekarang Pripyat menjadi kota yang tak berpenghuni.

  1. Humberstone,Chile
images (4).jpg

Sumber gambar: Dreamstime.com

Kota Humberstone adalah sebuah kota pertambangan yang makmur. Kota yang kaya akan kandungan Natrium Nitrat ini dulunya seperti magnet yang membuat orang ingin datang dan tinggal di sana.

Namun kota yang didirikan pada tanggal 1862 ini mengalami kebangkrutan pada tahun 1959. Perlahan-perlahan, para penduduk meninggalkan kota Humberstone hingga tidak tersisa satupun.

  1. Kowloon Walled City, Hongkong
images (5).jpg

Sumber gambar: https://www.thedailybeast.com/the-lost-chinese-city-police-feared-to-enter

Kota ini didominasi oleh bangunan-bangun tinggi pencakar langit. Tidak mengherankan, jika kota ini sangat gelap bahkan pada siang hari. Warga harus menyalakan lampu selama 24 jam sebagai penerangan.

Kondisi lingkungan yang tertutup dan gelap, membuat kota ini menjadi tempat strategis untuk perdagangan narkoba dan juga beroperasinya rumah-rumah bordil. Kawasan ini sangat padat penduduk dan terlihat kumuh.

Pada tahun 1987, pemerintah Cina memutuskan menutup kota ini dan memindahkan penduduknya. Tujuh tahun kemudian, tepatnya tahun 1994, kawasan ini direnovasi dan dijadikan sebuah taman.

  1. Craco, Italia
images (6).jpg

Sumber Gambar: http://discoverbasilicata.com/places-to-visit-2/craco/

Italia identik dengan tempat-tempat yang romantis. Namun, tidak dengan kota Craco. Kota yang dibangun di daerah perbukitan yang curam ini, cenderung kaku dan tertutup. Hal ini dikarenakan mereka ingin menjaga tradisi dan warisan budaya di daerah ini.

Penduduk kota Craco sebagian besar berprofesi sebagai petani gandum. Tetapi, karena kondisi alam yang tidak bersahabat, perekonomian yang memburuk, dan banyaknya bencana alam yang terjadi di kota ini, membuat pennduduknya bermigrasi secara massal.

  1. Varosha Cyprus
images (7)

Sumber gambar: World Abandoned

Kota yang indah di negara Cyprus ini memiliki pantai yang mempesona. Kota ini bahkan dijuluki sebagai Monaco-nya Cyprus ini banyak dijadikan sebagai tujuan wisata.

Kota ini sekarang menjadi sepi dan tak perpenghuni. Hal ini disebabkan oleh perang dan pada akhirnya diduduki oleh tentara Turki. Orang-orang berbondong-bondong meninggalkan kota ini dan membuat Varosha menjadi salah satu kota yang tak berpenghuni.

 

0 comments
0 likes
Prev post: Mau Baca Novel Keren? Di Cabaca AjaNext post: Sudah Tahu Belum? Kampung Wisata di Kota Malang Ini, Cocok Banget Buat Selfie

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *