Mau Baca Novel Keren? Di Cabaca Aja

Kalau jalan-jalan ke toko buku, suka khilaf. Pulang-pulang, dompet kosong melompong😂. Padahal, saya itu suka sekali baca novel. Setiap waktu senggang, pengennya baca. Disamping saya merasa terhibur, tak jarang dari buku yang saya baca akan memunculkan ide untuk ditulis.

cabaca_logo2

Kebetulan banget, di group Coverline Creative dikenalin sama Cabaca. Cabaca itu adalah platform menulis dan membaca novel gratis yang bisa diunduh gratis melalui playstore atau appstore.

Awalnya sempat skeptis, takut bacaannya gak bermutu. Tapi setelah saya daftar dan membaca beberapa cerita, hilang sudah kekhawatiran saya. Novelnya bagus banget. Bahkan saya yang dulu tidak suka bacaan horor, sekarang jadi ketagihan gara-gara satu cerita yang berjudul “Bangku Pojok” di Cabaca.

Keunikan Cabaca adalah kita boleh baca gratis tiga bab pertama. Setelah itu bayar pake kerang. Kok bengong? Heran ya, bayar pake kerang gimana? Kalau di platform lain alat bayarnya adalah poin, di sini adalah kerang. Kita bisa beli kerang atau ngumpulin ketang gratis dari memberi komentar pada tiap bab yang telah kita baca. Selain itu, para penulis juga suka memberi kode untuk mendapatkan kerang gratis. Seru kan? Buruan buat akunnya. Di sini nih http://cabaca.id/#/home

Supaya tidak merasa membeli kucing dalam karung, saya bisikin reviewnya sedikit ya.

BANGKU POJOK

Penulis: Honey Dee

Link: http://cabaca.id/#/book/38

coversbangku-pojok

 

Cerita ini bergenre horor sekaligus teenlit. Menceritakan tentang Kalila seorang pelajar SMA yang sebenarnya penulis novel best seller dengan nama pena Bella Dona. Kalila bisa melihat makhluk lain, terpaksa pindah ke kota lain untuk menghindari bayangan hitam yang mengikutinya.

Sayangnya, ternyata Kalila pindah ke sebuah kota dan bersekolah di sekolah yang kental suasana mistisnya. Saya sangat menyukai deskripsi penulis tentang settingnya. Seolah semua itu nyata banget. Bahasa yang digunakan juga mudah dipahami.

Saat membaca cerita ini bulu kuduk dijamin meremang. Tetapi, tidak terlalu menonjolkan sosok hantunya. Namun suasana tang dibangun cukup membuat saya merinding.

Meskipun baru tiga bab, saya sudah dibuat penasaran dengan sosok Rosaleen, si gadis berwajah pucat yang misterius. Saya masih nunggu-nunggu kelanjutannya nih, soalnya sudah beberapa waktu berlalu dan belum muncul update terbaru.

WISH UPON A STAR

Penulis: Eve Natka

Link: http://cabaca.id/#/book/19

Cabaca_wish-upon-a-star

Novel teenlit yang satu ini membuat saya kembali ke masa SMA. Salah satu kemiripan saya dengan Katia, sang tokoh utama, adalah sama mendapat nilai jelek di Fisika. Bedanya, saya dari awal sudah merasa gak bisa di pelajaran ini😊.

Memang ya, cerita teenlit romantis seperti ini selalu menarik untuk dibaca. Pembacanya tidak cuma anak-anak berseragam abu-abu loh. Emak-emak seperti saya juga masih suka baca ginian. Apalagi di tulisan ini, penulis menggunakan kata-kata yang easy to read, ringan gitu. Sebagai guru, saya juga familiar dengan beberapa kosakata seperti tutor sebaya. Jadinya, masuk banget deh.

Penokohannya menarik. Sosok Katia yang pintar secara akademis, kecuali fisika, ternyata jago bermain musik dan membuat lagu. Si Ben yang ganteng, menggemaskan, dan sempat membuat Katia terkiwir-kiwir😂. Juga Joshe yang misterius, tampan, anggota Band, tetapi bercita-cita menjadi Dosen Fisika.

Saya baru membaca tiga bab pertama yang gratisan. Saya menduga akan terjadi kisah cinta segitiga antara Katia-Ben- Joshe. Penasaran banget sih. Tali mesti ngumpulin kerang dulu nih buat baca kelanjutannya.

PAINLESS

Penulis: Betty

Link: http://cabaca.id/#/book/37

coverspainless

 

Novel ini memiliki genre thriller. Dalam cerita ini saya berkenalan dengan suatu kelainan genetis bernama Congenital Insentivity to Pain. Kelainan ini membuat tokoh utamanya, Nira, tidak bisa merasakan rasa sakit. Tidak heran, dalam tubuhnya terdapat berbagai jejak luka hingga bekas patah tulang. Hal itu disebabkan Nira tidak bisa mengukur kapan tubuhnya harus berhenti melakukan sesuatu atau mengantisipasi kecelakaan. Oleh karena itu, Nira ini dijaga ketat oleh orang tuanya dan juga sahabat karibnya, Christy.

Bertolak belakang dengan keadaannya, Nira adalah gadis yang aktif. Diam-diam ia ikut ekskul cheer leader yang mengakibatkan beberapa tulangnya patah dan mengharuskannya dirawat di rumah sakit.

Di sinilah, Nira berkenalan dengan Vero, seorang penderita Kanker. Berbeda dengan Nira yang tidak bisa merasakan sakit, Vero hampir setiao hari harus berjuang merasakan rasa sakit yang luar biasa. Nira merasa keheranan melihat Vero terisak-isak menahan rasa sakit. Kondisi mereka yang berkebalikan satu sama lain, menjadikan cerita ini menarik.

Lagi-lagi saya masih terjebak di bab tiga. Saya penasaran bagaimana kelanjutan cerita painless ini.

DEAR SWEET HEART

Penulis: Sulistyowati

Link: http://cabaca.id/#/user/52

Cabaca_DEAR-SWEETHEART

Novel yang satu ini tidak kalah menariknya dengan tiga novel di atas. Mengusung cerita remaja alias teenlit seperti wish upon a star, tentu cerita ini kental dengan konflik remaja.

Tokohnya memiliki kepribadian yang berbeda 180 derajat, membuat masing-masing karakter menonjol keunikannya. Ayana yang ceroboh dan rafael yang tampan, cerdas, dan dingin.

Konflik bermula dari hal kecil yaitu rafael yang tidak sengaja menabrak Ayana dan mengakibatkan lukisannya rusak. Tidak terima dengan hal itu, Ayana membalas dengan merusak lukisan Rafael. Alhasil, mereka berdua menerima hukuman dari pak guru.

Nah, sudah kebayang dong apa yang terjadi jika tom and jerry disatukan? Ribut mulu. Cerita ini selain menonjolkan background seni, suasana keluarga juga terasa kental. Memang9 sih, terasa agak lama proses mencapai puncak konfliknya. Tapi hal ini membuat pembaca makin mengenal karakter yang diceritakan secara mendalam.

Novel ini sudah tersedia sebanyak 12 Bab. Siapkan kerangmu untuk membaca semua babnya😁.

Gimana, seru kan. Cepat-cepat deh instal aplikasinya dan bersiap larut dalam setiap cerita yang disuguhkan. Cabaca juga mengadakan kontes menulis cerita horor loh. Bagi yang tertarik, tidak alasan menunda lagi. Happy reading and writing!

 

0 comments
0 likes
Prev post: Melek Tentang Kesehatan Bersama DokterBaBe.comNext post: Intip Yuk! Kota-Kota Ini Tak Berpenghuni, Loh. Berani?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *