Menabung Tak Ribet Lagi dengan Tabungan Berjangka

Picture taken from unspalsh.com

“Jangan menabung apa yang tersisa, tapi habiskan apa yang tersisa setelah menabungnya.” – Warrant Buffet.

Saya dulu menabung di akhir bulan berharap ada sisa setelah pengeluaran yang tak terhitung banyaknya. Dan yang terjadi adalah hampir tidak ada uang tersisa untuk ditabung. Setelah membaca artikel dari pakar keuangan, saya berusaha mengikuti anjuran mereka untuk menyisihkan uang tabungan di awal bulan.

Saya Memulai dengan membuka rekening di bank yang berbeda. Setiap bulan saya harus setor ke bank atau transfer ke rekening tersebut. Dalam hati saya berjanji tidak akan mengotak-atik uang yang ada di rekening ini. Janji tinggallah janji. Saat akhir bulan rekening utama menipis dan hasrat belanja masih melonjak drastis, terpaksa uang di rekening ini sedikit demi sedikit terkikis.

Saat antri di Bank sebuah bank, saya tidak sengaja membuka sebuah flyer tentang tabungan berjangka. Setelah membaca detil informasi yang tercantum di flyer tersebut saya memutuskan untuk membuka tabungan berjangka di bank tersebut. Kini saya tidak memiliki rekening tabungan berjangka di bank tersebut. Karena temoat tiggal saya yang baru agak jauh dengan kantor cabangnya. Jadi agak ribet dan malas kalau harus wara-wiri ke bank. Kebetulan di dekat rumah ada kantor cabang bank syariah. Dan bank tersebut bekerja sama dengan kantor tempat saya bekerja untuk pembayaran gaji. Tanpa pikir panjang, saya langsung membuka tabungan berjangka di bank tersebut sampai sekarang.

Alasan Memilih Tabungan Berjangka Untuk menabung

Berikut ini adalah alasan saya secara pribadi mengapa lebih memilih menabung menggunakan tabungan berjangka:

Praktis, Anti Ribet

Ini adalah alasan utama saya memilih menabung menggunakan tabungan berjangka. Setiap bulan di tanggal yang sudah saya sepakati, bank akan menarik dana secara otomatis (auto debit). Dengan begitu saya menghemat waktu dan tidak harus wara-wiri ke bank untuk setor uang tabungan.

Aman

Alasan kedua adalah saya merasa yakin menabung di tabungan berjangka adalah keamanannya. Bank-bank besar yang ada di Indonesia, biasanya sudah menjadi anggota Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Saya merasa tenang mempercayakan uang saya di bank tersebut.

Jika menabung di rekening tabungan biasa, saya mudah sekali tergoda untuk menarik dana atau melakukan transaksi m-banking. Di tabungan berjangka, saya tidak bebas menarik dan bertransaksi menggunakan dana sehingga tabungan saya kan tetap aman hingga waktu yang sudah saya sepakati.

Lebih Disiplin

Menabung menggunakan tabungan berjangka membuat saya lebih disiplin dalam menabung. Saya tidak khawatir lupa atau tidak memiliki uang menabung karena bank akan otomatis melakukan aktivitas auto debit. Saya sengaja memilih tanggal yang dekat dengan gajian untuk proses penarikan otomatis sehingga tidak terburu digunakan untuk hal yang lainnya.

Jumlah Setoran Rendah

Pernah ikut arisan? Saya pernah. Waktu itu setiap bulan saya harus menyetor sejumlah Rp. 500.000. Meskipun hasil yang didapat lumayan besar, ada rasa berat untuk mengeluarkan uang sejumlah itu. Di tabungan berjangka, saya bisa memilih jumlah setoran yang sesuai dengan kemampuan saya.

Kekurangan Menabung di Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka juga memiliki kekurangan yaitu dana yang kita simpan tidak bersifat liquid. Jika membutuhkan dana tersebut, kita tidak bisa langsung mengambilnya. Bank memiliki beberapa ketentuan misalnya boleh diambil sebelum jatuh tempo dengan persyaratan dan prosedur tertentu. Yang jelas tentu lebih ribet daripada menarik uang di tabungan biasa. Bukan tidak mungkin juga kita akan terkena pinalty.

Kata orang, bunga yang didapatkan dari tabungan berjangka tidak sebesar hasil yang didapatkan dari jenis investasi lain. Tetapi bunga bukanlah orientasi utama saya saat memutuskan membuka rekening tabungan berjangka. Sehingga hal ini bukanlah masalah.

Anda sudah punya rekening tabungan berjangka? Menabung jadi mudah dan tidak ribet lagi dengan rekening tabungan berjangka.

Tulisan ini diikutkan dalam 30 Days Writing Challenge Sahabat Hosting.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *