Peluang Usaha yang Layak Dicoba Saat Pandemi Melanda

Pandemi Covid-19 yang melanda hampir setahun lamanya membuat ekonomi gonjang-ganjing. Banyak usaha terpaksa tutup, pemberhentian hubungan kerja, dan pemotongan gaji terjadi di mana-mana. Saya harus bersyukur masih memiliki pekerjaan meskipun terkena pemotongan gaji. Namun, tetap saja saya merasa prihatin dengan musibah yang sedang melanda dunia ini.

Sejak corona melanda, saya memiliki waktu lebih banyak di rumah karena waktu bekerja di kantor sangat dibatasi. Saya memiliki banyak waktu untuk melakukan hobi atau sekedar membaca buku. Selain buku, saya suka membaca artikel atau berita dari media online. Dari membaca berita atau menonton televisi, saya menyadari banyak orang yang banting setir supaya rezeki tetap mengalir. Ada seorang dokter gigi yang terpaksa berjualan kue. Ada juga pengusaha yang harus menjual aset-asetnya untuk menggaji karyawannya. Miris sekali memang, tetapi saya sangat salut dengan mereka yang tidak menyerah pada keadaan. Kesulitan yang menghimpit tidak membuat mereka berpikir sempit.

Dari bacaan, tontonan, dan pengamatan saya melihat banyak peluang-peluang usaha menjamur. Memang bukan usaha baru, namun jika dibandingkan dengan situasi sebelum corona pelaku usaha ini terbatas jumlahnya. Saya akan tuliskan beberapa peluang usaha yang mungkin bisa Anda lakukan juga.

Membuka Kursus Online

Saya melihat saat ini promosi kursus-kursus online sangat gencar sekali. Dengan berkembangnya teknologi, Peluang usaha satu ini sangat terbantu sekali. Tidak perlu ruang kelas, semua bisa dilakukan secara daring. Dulu kursus semacam ini memang sudah ada, tetapi tidak sebanyak sekarang. bidang kursus pun bermacam-macam. Tidak terbatas pelajaran sekolah, bahkan kursus memasak pun bisa dilakukan. Target marketnya juga semakin luas. Tidak hanya anak-anak sekolah, ibu rumah tangga dan wanita pekerja sekalipun bisa menjadi target pasarnya. Nah, jika Anda memiliki keahlian misalnya menggambar, menyulam, memasak dan lain sebagainya, jangan ragu-ragu lagi. Segera buka kursus online Anda.

Berjualan Makanan Online

Usaha kuliner memang diakui sebagai salah satu usaha yang paling kebal di saat krisis ekonomi sekalipun. Guru besar Asian Banking Finance and Informatic Institute (ABFI) Perbanas, Prof. Dr. Alder Haymans Manurung, menuturkan kepada Kompas, perputaran uang dalam bisnis kuliner begitu besar hingga mencapai 100%, bahkan di saat krisis ekonomi yang membuat penghasilannya menurun. Usaha makanan online memiliki peluang yang sangat menguntungkan karena orang lebih memilih diam di rumah di saat pandemi. Keterbatasan melakukan aktivitas di luar rumah membuat banyak orang memilih untuk membeli makanan online yang dinilai memiliki resiko kecil  terhadap penularan virus ini. Anda dapat berjualan frozen food  atau makanan siap santap. Tinggal daftarkan usaha Anda pada layanan tranportasi atau antaran online.

Usaha kecantikan

Berdasarkan hasil survei dari sebuah perusahaan penjual kosmetik online asal Amerika Serikat yakni Stowaway di tahun 2015, membuktikan bahwa perempuan di Amerika rata-rata memiliki 40 produk kecantikan yang berbeda. Dan yang mereka gunakan sehari-hari secara rutin kurang dari 10 produk saja. Hal ini membuktikan bahwa kebanyakan perempuan begitu gemar berbelanja produk kecantikan sekalipun belum tentu mereka pakai.

Anda tidak perlu membuka salon atau memproduksi produk kosmetik ini. Banyak sekali peluang untuk menjadi distributor atau reseller dari produk-produk kecantikan terpercaya yang ada di Indonesia. Bermodalkan Smartphone saja, Anda sudah dapat menjalankan usaha satu ini.

Usaha Kesehatan

Tidak dapat dipungkiri, sejak pandemi orang-orang lebih memperhatikan kesehatan mereka. Anda bisa mencoba berjualan suplemen-suplemen kesehatan seperti madu, propolis, atau produk kesehatan lainnya. Tentu saja kehati-hatian menjadi keharusan. Jika memang ingin menjalankan usaha ini, pastikan produsen produk kesehatan tersebut terpercaya dan tidak mengandung bahan-bahan yang membahayakan konsumen.

Membuat Masker

Di saat pandemi seperti sekarang ini masker sudah menjadi barang yang wajib dimiliki dan dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu protokol kesehatan 3M yang digaung-gaungkan adalah memakai masker. Meskipun fungsi utamanya adalah untuk mencegah pencegahan virus corona, aspek estetika juga sangat diperhatikan. Masker yang ada sekarang memiliki bentuk, corak, dan model yang sangat bervariasi. Dengan kreatifitas yang Anda miliki dapat memproduksi masker rumahan yang cantik. Target pasar masker ini juga sangat luas. Anda dapat menjualnya secara online maupun offline.

Tidak alasan untuk selalu mengeluh dan meratap atas keadaan yang kita alami. Asalkan mau berusaha dan jeli melihat peluang usaha, maka tidak perlu risau menghadapi krisis keuangan di saat pandemi melanda.

Tulisan ini diikutkan dalam 30 Days Writing Challenge Sahabat Hosting.

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *