Tutorial Membuat Memory Game Menggunakan PowerPoint

Salah satu tantangan belajar daring adalah bagaimana membuat siswa tetap antusias dalam belajar. Selain itu, seorang guru juga wajib meng-upgrade keterampilannya dalam bidang TIK supaya dalam melakukan pembelajaran daring dengan baik.

Keterampilan TIK saya masuk dalam kategori standar. Misalnya dalam menggunakan PowerPoint, saya hanya menggunakan untuk presentasi dengan menunjukkan slide-slide yang saya buat. Saat berselancar di dunia maya, saya baru menemukan bahwa bisa sebuah membuat memory game sederhana yang berbasis PowerPoint. Meskipun ini bukan hal yang baru, tetapi bagi saya hal ini benar-benar baru saya ketahui. Bagi Sahabat guru atau orang tua yang ingin mencoba membuatnya, mudah kok. Berikut tutorialnya:

1. Buka aplikasi powerpoint

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi powerpoint dan membuka halaman kosong.

 

2. Buatlah bentuk kotak yang akan diisi oleh obyek

Setelah halaman kosong terbuka, buatlah bentuk kotak yang akan diisi oleh obyek. obyek bisa berbentuk gambar atau kata. Jika obyek berbentuk gambar, bisa langsung insert picture dari file komputer atau secara online. Jika obyek berbentuk tulisan atau angka, tinggal insert shape.

3. Beri nama setiap obyek

Klik home kemudian tombol select. Pilih selection pane. Klik setiap obyek dan beri nama di kolom selection yang ada di sebelah kanan slide. Saat kita klik obyek, di kolom selection akan pada tulisan yang merujuk ke obyek akan berwarna pink. Kita bisa langsung klik dan mengganti namanya.

4. Buatlah cover

Setelah selesai, memberi nama setiap obyek, sekarang waktunya membuat cover yang akan menutupi setiap obyek. Caranya mudah. Kita tinggal menyalin atau copy dari bentuk yang kita buat untuk obyek sebelumnya. Atau kita juga bisa membuat shape baru. Usahakan Shape yang akan menjadi penutup ini memiliki ukuran yang sama sehingga bisa menutup obyek dibawahnya dengan sempurna. Jangan lupa beri angka atau huruf pada shape yang akan digunakan untuk penutup (cover). Kita juga bisa mengubah warna untuk membedakan penutup dan obyek di bawahnya.

5. Beri nama pada penutup

Caranya sama dengan saat memberi nama pada obyek. Biasanya saya memberi nama penutup dengan cover 1, cover 2, dan seterusnya.

6. Berikan animasi

Ini adalah bagian penting yang akan menentukan memory game yang kita buat berhasil atau tidak. Ikuti langkah-langkah berikut ini dengan teliti.

  • Klik obyek (Kotak pertama) kemudian animations.
  • Pilih animasi dissappear atau fade. Di sini saya pilih dissappear.
  • Setelah itu klik tombol trigger. Kita akan melihat tulisan on click of di bawah trigger. Arahkan cursor pada tulisan tersebut dan pilih cover 1. Akan terlihat gambar kilat di pojok kiri atas kotak.
  • Klik obyek yang sama (kotak pertama) kemudian klik add animation. Pilih animasi appear.
  • Klik tombol trigger lagi. Klik on click of di bawah trigger. Arahkan cursor pada tulisan tersebut dan pilih nama obyek yang ada di bawahnya. Pada contoh yang saya buat, gambar di bawah cover 1 adalah kuda maka saya pilih horse. Akan terlihat gambar 2 kilat di pojok kiri atas kotak.
  • Lakukan langkah yang sama pada kotak/obyek lainnya. Pastikan setiap kotak memiliki gambar 2 kilat di sebelah kiri atas.

7. Lakukan uji coba

Untuk mengetahui apakah memory game yang kita buat berhasil atau tidak, kita harus melakukan uji coba. Klik tombol play yang ada di bagian kanan bawah monitor. Coba klik setiap obyek apakah sudah bisa membuka dan menutup jika kita klik.

Memory game kita sudah selesai! Mudah bukan? Dengan membuat memory game sendiri, kita dapat memodifikasi sesuai dengan tema yang diinginkan. Selain itu ada rasa puas yang kita rasakan karena sudah berhasil membuat memory game buatan kita sendiri. Selamat mencoba!

Tulisan ini diikutkan dalam 30 days writing Challenge sahabat hosting.

 

1 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *